Assalamu'alaikum Wr. Wb. ----- SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PIMPINAN ANAK CABANG GERAKAN PEMUDA ANSOR WATULIMO ----- Semoga Bermanfaat Untuk Kita Semua!

Sabtu, 14 November 2020

PAC GP Ansor Watulimo Menggelar 2 Diklat Sekaligus, Yaitu PKD dan Diklatsar

Posted by ADMIN On Sabtu, November 14, 2020 No comments


Anwalin News
– Watuagung, (13/11) Pimpinan Anak Cabang Gerakan Pemuda Ansor mengadakan Pelatihan Kepemimpinan Dasar Gerakan Pemuda Ansor serta Pendidikan dan Pelatihan Dasar Barisan Ansor Serbaguna. Dua Diklat tersebut dilaksanakan di Madrasah Ibtidaiyah Watuagung Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek.
 
Pada awalnya PAC GP. Ansor Watulimo bermaksud menyelenggarakan Diklatsar Banser saja, sehingga konsentrasi kepanitiaan hanya pada satu agenda kegiatan. Mengingat banyaknya permintaan serta semangatnya para kader Ansor, akhirnya Pimpinan Anak Cabang Gerakan Pemuda Ansor Watulimo yang dikomandani oleh Sahabat Murdiyanto tersebut mengiyakan untuk melaksanakan dua Diklat sekaligus yaitu, PKD (Pelatihan Kepemimpinan Dasar) untuk Pengurus dan Kader Ansor, serta Diklatsar (Pendidikan dan Pelatihan Dasar) untuk para Kader Banser.


Kegiatan PKD dan Diklatsar tersebut dilaksanakan selama 3 hari 2 malam yang dimulai pada tanggal 13 s.d. 15 November 2020. Pembukaan Diklat dilaksanakan pada hari Jum’at, 13 November 2020 dengan Instruktur Apel Komandan H. Fathkurohman MQ, selaku Kasatkorcab Banser Trenggalek. Dalam Sambutannya Ndan Fathkur sapaan Kasatkorcab mengapresiasi segenap Jajaran PAC GP. Ansor dan Satkoryon Banser Watulimo, dimana dalam satu periode kepengurusan telah berhasil mengadakan PKD dan Diklatsar 2 kali. Selain itu juga mengapresiasi kegiatan Upgrading Banser yang diselenggarakan oleh PAC GP. Ansor bersama segenap jajaran Satkoryon Banser Watulimo yang dilaksanakan pada bulan Oktober 2020 yang lalu.
 
Setelah Apel Pembukaan PKD dan Diklatsar dalam sambutannya ketua PAC GP. Ansor Watulimo, yaitu Sahabat Murdiyanto menyampaikan dan melaporkan beberapa hal antara lain; bahwasanya Diklat tersebut semula dibatasi hanya 65 peserta untuk Diklatsar dan 30 peserta  untuk PKD. Namun hal itu diluar ketentuan yang telah ditetapkan bersama sehingga jumlah peserta akhirnya melebihi kuota. Untuk Diklatsar jumlah peserta yang mendaftar 103 orang dan lolos screening 94 orang, sedangkan untuk PKD jumlah peserta yang mendaftar 34 orang dan lolos administrasi serta screening 24 orang. Peserta Diklat tersebut menyebar dari utusan ranting yang ada di PAC Watulimo dan luar Watulimo. Dari luar Kecamatan Watulimo diantaranya adalah dari PAC Pule, Suruh, Munjungan, Tugu, Karangan, Gandusari, Kampak dan ada juga peserta utusan dari Kabupaten Tulungagung.

 
Di waktu yang terpisah, sahabat Muh. Izuddin Zaki atau yang lebih akrab dipanggil Gus Zaki selaku Ketua PC GP. Ansor Trenggalek menyampaikan sambutan dan arahannya, bahwa maksud diselenggarakannya kegiatan PKD-DIKLATSAR adalah untuk menanamkan nilai dan ideologi, menguatkan karakter dan militansi, meningkatkan pengetahuan, mengembangkan potensi dan kecakapan, serta membangun kapasitas gerakan pada diri kader untuk mempertinggi harkat martabat diri dan meneruskan cita-cita dan perjuangan organisasi. Selain itu juga disampaikan tujuan dari PKD-Diklatsar tersebut, yaitu :
  • Mempersiapkan kader  Gerakan Pemuda Ansor yang mumpuni, terstruktur dan dan berkesinambungan
  • Meningkatkan kemampuan pengetahuan, teknis dan  jiwa korsa terhadap  proses kaderisasi
  • Menyampaikan konsep dasar ajaran Islam Ahlussunah wal Jamaah An-Nahdliyah
  • Mengembangkan pengetahuan wawasan dan ketrampilan berorganisasi
  • Pemahaman visi, misi dan etika Banser dan Ansor
 
Dengan adanya PKD dan Diklatsar yang diselenggarakan oleh PAC GP. Ansor Watulimo tersebut diharapkan Kader Ansor dan Barisan Ansor Serbaguna (Banser) sebagai tenaga inti GP Ansor memiliki tanggung jawab yang besar dalam melakukan perannya sebagai kader penggerak, pengemban dan pengaman program-program sosial kemasyarakatan baik yang dilakukan GP Ansor maupun oleh Nahdlatul Ulama.

 
Jati diri sebagai sosok personil yang memiliki kualifikasi khusus harus dapat ditunjukkan dalam setiap gerak dan langkahnya dalam melaksanakan fungsi dan perannya dengan dedikasi yang tinggi, memiliki pola pikir realistis dan matang, mampu menfasilitasi terwujudnya cita-cita GP Ansor dan kemaslakhatan bagi masyarakat, Nusa dan Bangsa.
 
Peningkatan profesionalisme dan kemampuan ke-Banser-an yang nantinya mampu menyiapkan kader-kader Banser yang handal dan profesional harus melalui proses penataan kaderisasi yang matang dan terarah, sehingga langkah Banser kedepan diharapkan mampu menghadapi berbagai perkembangan dan tuntutan masyarakat yang penuh dengan dinamika dan perkembangan. (MY)

0 Komentar:

Posting Komentar

Mohon Saran dan Kritik Yang Sifatnya Konstruktif!

SILAHKAN BACA JUGA !


If you want to test someone’s character, give him respect. If he has good character, he will respect you more. If he has bad character, he will think is the best of all.

------------

Jika kamu ingin menguji karakter seseorang, hormati dia. Jika dia memiliki akhlak yang baik, maka dia akan lebih menghormatimu. Jika dia memiliki akhlak yang buruk, dia akan merasa dirinya yang paling baik.