Assalamu'alaikum Wr. Wb. ----- SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PIMPINAN ANAK CABANG GERAKAN PEMUDA ANSOR WATULIMO ----- Semoga Bermanfaat Untuk Kita Semua!

Sabtu, 21 November 2020

Tasyakuran, RTL dan Pembekalan Alumni PKD Ke-III dan Diklatsar Banser Ke-XXI Oleh PAC GP. Ansor Watulimo

Posted by ADMIN On Sabtu, November 21, 2020 No comments


Anwalin News
– Watuagung, (20/11) Gerakan Pemuda Ansor  sebagai kader NU harus mempunyai jati diri; Pertama mampu membangun organisasi yang bersifat kepemudaan, keagamaan, sosial kemasyarakatan dan organisasi kader paham Ahlussunnah waljamaah an-Nadliyah.  Kedua mampu membangun kemandirian organisasi baik internal Gerakan Pemuda Ansor maupun Banser.  Ketiga  membangun rotasi kepemimpinan secara dinamis dan terus menerus, dan Keempat membangun GP Ansor sebagai pejuang Aswaja di masyarakat, kelima mampu ikut mengisi dan mempertahankan keberadaan Pansasila, NKRI, UUD 1945 dan Bhineka Tunggal Ika
 
Namun demikian secara internal Gerakan Pemuda Ansor masih menghadapi berbagai permasalahan seperti, organisasi belum tertata secara optimal di seluruh tingkatan, pendataan anggota belum maksimal, rotasi kepemimpinan yang belum berjalan rutin, aset organisasi kecil, hubungan antar Banom yang lemah, variasi potensi yang heterogen, dan pemahaman pengertian dan aplikasi politik yang masih sempit.


Salah satu langkah yang mendasar perlu segera dibenahi adalah kaderisasi.  Oleh karenanya, pada hari Jum’at, 20 November 2020 Pimpinan Anak Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kecamatan Watulimo menggelar acara Rencana Tindak Lanjut dan Pembekalan Alumni PKD GP. Ansor dan Diklatsar Banser Satkoryon – PAC GP. Ansor Watulimo sebagai realisasi dan tindak lanjut kaderisasi (PKD-Diklatsar) yang telah dilaksanakan pada tanggal 13 s.d. 15 November 2020 yag lalu.
 
Acara RTL dan pembekalan Alumni PKD dan Diklatsar dilaksanakan di halaman MI Watuagung Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek, dengan menghadirkan segenap alumni PKD ke-III dan Alumni Diklatsar Banser ke-XXI. Selain itu, juga mengundang dari segenap jajaran Pengurus MWC NU Watulimo, Pengurus NU Ranting Watuagung, Pengurus NU Ranting Ngembel, Pengurus PAC GP. Ansor Watulimo, Jajaran Satkoryon Banser Kecamatan Watulimo, Pengurus Ranting GP. Ansor dan Satkorkel Banser se-Kecamatan Watulimo serta Rekan/rekanita dari PAC IPNU-IPPNU Kecamatan Watulimo.


Dalam RTL dan Pembekalan Kader Ansor/Banser, kegiatan dikemas dengan rangkaian acara yang diawali Istighotsah yang dipimpin oleh Bapak KH. Suryani selaku Rais Syuriah MWC NU Watulimo yang dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars Syubbanul Wathon, Mars GP. Ansor, Mars Banser dan kemudian dilanjutkan dengan sambutan-sambutan. Sambutan pertama disampaikan oleh sahabat Mustarom selaku ketua Panitia PKD-Diklatsar yang menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu terselenggaranya acara Diklat dan RTL Kader Ansor/Banser. Tak lupa sahabat Mustarom juga menyampaikan permohonan maaf atas segala kekurangan dan kekhilafan yang telah diperbuat oleh segenap Tim Panitia dalam penyelenggaraan acara PKD dan Diklatsar Banser yang telah sukses dilaksanakan pada tanggal 13 s.d. 15 November 2020 yang lalu.
 
Puncak acara RTL dan Pembekalan Kader diisi oleh sahabat Murdiyanto selaku Ketua PAC GP. Ansor Watulimo yang menyampaikan beberapa pokok pesan dan apresiasi terhadap para Alumni PKD dan Diklatsar Banser yang telah sukses dan lulus dalam pelaksanaan Diklat. Ketua PAC berpesan bahwa di Ansor semua alumni PKD dan Diklatsar harus satu komando dengan Pimpinan. Semua Alumni/Kader yang telah dibaiat harus memahami, meresapi dan mengamalkan isi dari baiat kader ansor tersebut. Baiat tidak hanya diucapkan dalam lisan saja melainkan harus diyakini dalam hati dan diterapkan dalam segala tingkah laku / perbuatan.


Sahabat Murdiyanto juga menjelaskan bahwa Barisan Ansor Serbaguna (Banser) sebagai tenaga inti GP Ansor memiliki tanggung jawab yang besar dalam melakukan perannya sebagai kader penggerak, pengemban dan pengaman program-program sosial kemasyarakatan baik yang dilakukan GP Ansor maupun oleh Nahdlatul Ulama.
 
Jati diri sebagai sosok personil yang memiliki kualifikasi khusus harus dapat ditunjukkan dalam setiap gerak dan langkahnya dalam melaksanakan fungsi dan perannya dengan dedikasi yang tinggi, memiliki pola pikir realistis dan matang, mampu menfasilitasi terwujudnya cita-cita GP Ansor dan kemaslahatan bagi masyarakat, Nusa, Bangsa dan Agama.
 
Peningkatan profesionalisme dan kemampuan ke-Banser-an yang nantinya mampu menyiapkan kader-kader Banser yang handal dan profesional harus melalui proses penataan kaderisasi yang matang dan terarah, sehingga langkah Banser kedepan diharapkan mampu menghadapi berbagai perkembangan dan tuntutan masyarakat yang penuh dengan dinamika dan perkembangan.


Acara RTL dan Pembekalan Alumni PKD-Diklatsar diakhiri dengan penutup yang diisi doa dan dilanjutkan dengan ramah tamah yaitu “Mayoran Lodhoan Bareng” sebagai bentuk rasa syukur ke hadirat Allah SWT atas terselenggara dan suksesnya acara PKD GP. Ansor dan Diklatsar Banser yang dilaksanakan oleh Satkoryon – PAC GP. Ansor Watulimo. (MY)

0 Komentar:

Posting Komentar

Mohon Saran dan Kritik Yang Sifatnya Konstruktif!

SILAHKAN BACA JUGA !


If you want to test someone’s character, give him respect. If he has good character, he will respect you more. If he has bad character, he will think is the best of all.

------------

Jika kamu ingin menguji karakter seseorang, hormati dia. Jika dia memiliki akhlak yang baik, maka dia akan lebih menghormatimu. Jika dia memiliki akhlak yang buruk, dia akan merasa dirinya yang paling baik.