Assalamu'alaikum Wr. Wb. ----- SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PIMPINAN ANAK CABANG GERAKAN PEMUDA ANSOR WATULIMO ----- Semoga Bermanfaat Untuk Kita Semua!

Kamis, 18 Maret 2021

Pelatihan Jurnalistik Dasar dan Pembuatan Website oleh PAC GP. Ansor Watulimo

Posted by ADMIN On Kamis, Maret 18, 2021 No comments


Anwalin News
– Watuagung (Rabu, 18/03/2021) Pimpinan Anak Cabang Gerakan Pemuda Ansor Watulimo mengadakan Pelatihan dan Bimtek Jurnalistik Dasar dan Pembuatan Website untuk sekolah dan Organisasi. Pelatihan tersebut bersifat terbatas mengingat saat ini masih musim Pandemi Covid-19 dan harus tetap mentaati Protokol Kesehatan 5M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, mengurangi mobilitas dan menghindari kerumunan). Selain itu juga mempertimbangkan ketersediaan internet/wifi terkait dengan speed dan bandwithnya.
.
Pelatihan Jurnalistik Dasar dan Pembuatan Website sekolah dan organisasi tersebut terlaksana berkat kerjasama dengan kepala sekolah MI Watuagung yang sekaligus sebagai ketua panitia pelaksana pelatihan/bimtek. Dalam sambutannya ketua panitia, yaitu bapak Mustarom, S.Pd.I sangat mendukung dan berterima kasih jika sekolah/madrasah yang dipimpinnya sering digunakan untuk acara oleh keluarga besar Nahdlatul Ulama beserta banom-banomnya. Dengan harapan semoga dengan sering adanya kegiatan di sekolah yang ia pimpim keberkahan dari Organisasi Nahdlatul Ulama dan dari para muassis NU harapannya bisa tercurahkan kepada semua keluarga besar MI Watuagung terutama kepada segenap Dewan Asatidz/dzah dan para siswa/santri MI Watuagung.


Bertindak sebagai Pemateri/Nara sumber pada pelatihan dan bimtek jurnalistik serta pembuatan website adalah sahabat Murdiyanto yang juga merupakan Ketua PAC GP. Ansor Watulimo saat ini. Dalam pengantar sambutannya kang Myanto begitu panggilan akrabnya; menyampaikan bahwa kelemahan kita dalam mengelola berita dan publikasi segala kegiatan adalah kurangnya kepedulian pengurus dan personil dalam bidang jurnalistik dan informatika. Sebagian menganggap hal tersebut “tidaklah penting”, padahal dalam dunia IT (globalisasi) saat ini sebuah organisasi dituntut harus mempu ikut berjihad melalui media masa dan media online.
.
“Setiap (calon) wartawan wajib memahami dan menguasai dasar-dasar jurnalistik (basics of journalisme) agar menjalankan aktivitas jurnalistik dengan baik dan benar. Wartawan profesional tidak sekadar "bisa nulis berita", tapi juga memahami dan menaati aturan yang berlaku di dunia jurnalistik, terutama Kode Etik Jurnalistik. Jika ada keluhan tentang kinerja wartawan, misalnya tulisannya "asal" atau beritanya "ngawur" --dari segi penulisan ataupun dari segi substansi, kemungkinan besar sang wartawan belum/tidak memahami dan menguasai dasar-dasar jurnalistik. Bisa jadi, ia menjadi wartawan hanya bermodal "bisa nulis", tidak punya bekal dasar-dasar jurnalistik sebagaimana peserta pelatihan atau mahasiswa jurnalistik” begitu pungkasnya.

Sebagian Peserta Pelatihan dan Bimtek Jurnalistik - Website

Selain pelatihan jurnalistik dasar, juga dilaksanakan pelatihan pembuatan website untuk sekolah dan organisasi. Hal tersebut dikandung maksud, setelah faham akan jurnalistik seseorang dapat mengelola berita/informasinya melalui media Online yaitu Website atau Blog. Sehingga dengan adanya pemahaman jurnalistik seseorang dapat menyalurkan pengetahuannya melalui website sekolah maupun organisasi yang diikutinya.
.
Kegiatan Pelatihan Jurnalistik Dasar dan Pembuatan Website diikuti oleh sekitar 20 orang yang merupakan perwakilan/utusan dari GP. Ansor, Sekolah/Madrasah, IPNU dan IPPNU. Acara dimulai pukul 08.00 sampai dengan pukul 15.30 WIB. Alhamdulillah, secara keseluruhan kegiatan pelatihan dan bimtek berjalan dengan lancar, aman dan sukses. Semoga dengan adanya pelatihan jurnalistik dasar dan pembuatan website tersebut dapat memotivasi pengurus/personil organisasi dalam mengelola pemberitaan di media masa maupun media-media online lainnya. (Admin-My)

0 Komentar:

Posting Komentar

Mohon Saran dan Kritik Yang Sifatnya Konstruktif!

SILAHKAN BACA JUGA !


If you want to test someone’s character, give him respect. If he has good character, he will respect you more. If he has bad character, he will think is the best of all.

------------

Jika kamu ingin menguji karakter seseorang, hormati dia. Jika dia memiliki akhlak yang baik, maka dia akan lebih menghormatimu. Jika dia memiliki akhlak yang buruk, dia akan merasa dirinya yang paling baik.