Assalamu'alaikum Wr. Wb. ----- SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PIMPINAN ANAK CABANG GERAKAN PEMUDA ANSOR WATULIMO ----- Semoga Bermanfaat Untuk Kita Semua!

Senin, 10 Mei 2021

Gelar Koordinasi dan Konsolidasi dengan PC GP Ansor Trenggalek, PAC GP Ansor Watulimo Mantapkan Kepengurusan Masa Khidmah 2021-2023

Posted by Devid Hariyanto On Senin, Mei 10, 2021 No comments

 

Anwalin News- Organisasi dapat diibaratkan dengan sebuah pohon. Di mana antara bagian satu dengan yang lainnya terkoneksikan dengan sempurna. Pokok dengan cabang, cabang dengan ranting, ranting dengan daun, bunga ataupun dengan buah. Pola hubungan dalam pohon ini menjadikannya tumbuh kembang dengan sempurna. Hal ini dikarenakan ada alasan yang mendasar. Pertama, semua bagian-bagian tersebut berjalan sesuai dengan tugas dan fungsinya. Dan yang kedua, semua bagian terkoneksikan atau terhubung dengan sempurna.

Begitupun dengan organisasi, di satu sisi setiap tingkatan bagian harus mampu untuk menjalankan tugas serta fungsinya berdasarkan peraturan organisasi yang ada dalam setiap tingkatan. Dan di sisi lain, antara bagian atau tingkatan, garis perintah dan koordinasi harus jelas dan terhubung dengan baik. Sehingga dengan demikian, ketika dua faktor ini berjalan dan berfungsi dengan baik, maka sebuah organisasi akan dapat berjalan dengan baik, mulai dari tingkatan paling bawah (ranting) sampai dengan pusat (pokok).

Koordinasi serta konsolidasi perlu bahkan harus terjalin dengan baik antara organisasi di tingkat bawah dengan di tingkat atasnya. Agar kedekatan dan keserasian hubungan antar tingkatan ini dapat memudahkan dalam mencapai tujuan organisasi. Oleh karena itulah, pada hari Ahad malam, tanggal 9 Mei 2021 M yang dalam hal ini bertepatan dengan malam yang ke 28 Ramadhan 1442 H, PAC GP Ansor Watulimo mengadakan silaturrahim dalam agenda Koordinasi dan Konsolidasi Kepengurusan GP Ansor Watulimo masa khidmah 2021-2023 dengan PC GP Ansor Trenggalek. Acara silaturrahim ini diadakan di kediaman Ketua PC GP Ansor Trenggalek, Sahabat Agus Muhammad Izzudin Zakki.

Terdapat beberapa poin agenda dari acara koordinasi dan konsolidasi tersebut, diantaranya yaitu:

1.      Ini merupakan agenda silaturrahim antara pengurus harian PAC GP Ansor Watulimo dengan Ketua PC GP Ansor Trenggalek. Oleh karena itulah Ketua PAC GP Ansor Watulimo memperkenalkan personil dari pengurus harian PAC GP Ansor Watulimo untuk masa khidmah 2021-2023.

2.      Sekaligus melalui silaturahim ini, PAC GP Ansor Watulimo mengundang Ketua PC GP Ansor Trenggalek dalam acara Malam Penutupan Safari Ramadhan 1442 H yang akan di gelar di Masjid Baiturrahman Desa Gemaharjo Kecamatan Watulimo pada hari Ahad tanggal 10 Mei 2021.

3.      Penyampaian serta koreksi dari progres kegiatan yang sedang dilaksanakan oleh PAC GP Ansor Watulimo. Termasuk juga dalam hal ini adalah kegiatan yang akan dilaksanakan dalam jangka waktu dekat ini.

4.      Bahwa dalam Reker ke-2 PC GP Ansor Trenggalek, sebagian agenda kegiatan GP Ansor akan dipusatkan di tingkat PAC. Hal ini dimaksudkan sebagai langkah untuk penguatan internal organisasi. Karena selama ini menurut Ketua PC GP Ansor Trenggalek sudah banyak agenda yang bersifat show on eksternal. Di sisi lain, kinerja dari PAC serta Ranting perlu untuk optimalkan.

5.      Ketua PC GP Ansor Trenggalek berpesan bahwa apa yang sudah tertulis dan tertuang dalam SK pengangkatan dalam struktural organisasi, harus mampu untuk sepenuhnya dijalankan oleh kader organisasi. Hal ini bermakna bahwa anggota GP Ansor -Banser harus berperan secara aktif sesuai dengan pedelegasian wewenang dalam jabatan yang sedang diembannya. Hal ini tentunya sebagai wujud khidmah kader kepada organisasinya yaitu GP Ansor.

6.      Di era milenial yang serba digital ini, kader GP Ansor harus mampu mengambil peluang untuk keuntungan pergerakan organisasi. Media sosial sebagai sarana yang paling efektif dan efisien untuk menunjukkan eksistensi kader dan organisasi. Artinya, kader GP Ansor harus bisa menggunakan media sosial sebagai sarana dakwah, menyebarkan Islam ala ahlussunnah wal jama’ah an-nahdhiyyah, sekaligus untuk memperkuat keberadaan GP Ansor di tengah-tengah masyarakat. Di sisi lain, tujuan digunakannya media sosial untuk sarana dakwah dan menunjukkan pelaksanaan program kerja atau kegiatan GP Ansor yaitu sebagai motivasi kepada pimpinan di daerah-daerah lain untuk berlomba-lomba dalam hal pelaksanaan program kerja strategis demi terwujudnya tujuan oraganisasi.

Semoga acara silaturrahim kali ini mempererat jalinan ukhuwah islamiyyah, ukhuwah wathaniyah dan ukhuwah bashariyah serta membawa membawa manfaat bagi semua pihak. (dh)

0 Komentar:

Posting Komentar

Mohon Saran dan Kritik Yang Sifatnya Konstruktif!

SILAHKAN BACA JUGA !


If you want to test someone’s character, give him respect. If he has good character, he will respect you more. If he has bad character, he will think is the best of all.

------------

Jika kamu ingin menguji karakter seseorang, hormati dia. Jika dia memiliki akhlak yang baik, maka dia akan lebih menghormatimu. Jika dia memiliki akhlak yang buruk, dia akan merasa dirinya yang paling baik.