Assalamu'alaikum Wr. Wb. ----- SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PIMPINAN ANAK CABANG GERAKAN PEMUDA ANSOR WATULIMO ----- Semoga Bermanfaat Untuk Kita Semua!

Minggu, 10 Oktober 2021

Pembukaan Safari Maulidur Rasul PAC GP. Ansor Watulimo

Posted by ADMIN On Minggu, Oktober 10, 2021 No comments


Anwalin News – Gemaharjo (09/10) Bulan Rabi’ul Awal adalah bulan yang sangat dimuliakan oleh umat muslim yang ada di seluruh dunia. Tentunya bukan tanpa alasan, karena pada bulan Rabi’ul Awal inilah Nabi Muhammad SAW dilahirkan ke dunia ini. Tepatnya pada hari senin, 12 Rabiul awal di tahun Gajah.

 

Bulan Rabiul Awal menjadi bulan untuk mengungkapkan akan kecintaan kita dan kegembiraan dengan adanya (lahirnya) baginda Rasulullah SAW. Bahkan bukan hanya orang muslim saja yang mendapatkan kegembiraan tersebut. Orang kafir sekaligus akan mendapatkan manfaat dengan kegembiraan tersebut.

 

Dalam hadits riwayat Imam al-Bukhori dikisahkan saat Tsuwaibah yakni budak perempuan dari Abu Lahab yang menyampaikan kabar gembira mengenai kelahiran bayi yang sangat mulia dan Abu Lahab segera memerdekakan Tsuwaibah sebagai bentuk dari wujud tanda cinta dan kasih. Karena kegembiraannya tersebut, pada hari kiamat kelak, siksa atas dirinya akan diringankan pada setiap hari senin.


 
Bulan Rabiul Awal juga menjadi bulan untuk mengembalikan keteguhan cinta kita kepada Rasulullah SAW. Bagi setiap orang mukmin, kecintaan pada Rasulullah SAW adalah merupakan satu kewajiban  dan salah satu cara untuk meningkatkan sebuah keimanan dan taqwa. Kecintaan pada Rasulullah SAW juga harus berada di barisan yang lain dan harus melebihi segalanya bahkan pada keluarga atau diri sendiri. Dalam sebuah hadits diterangkan : “Tidak sempurna iman salah satu diantara kamu sehingga aku lebih dicintai olehnya daripada anaknya, orangtuanya dan seluruh manusia.” (HR. Bukhari Muslim)

 

Dibulan Rabiul Awal atau bulan peringatan Maulid Nabi dianjurkan untuk Bersholawat atas Nabi, dan di anjurkan untuk memperbanyak bacaan sholawat nabi.  Dalam Al-Qur’an surah al-ahzab ayat 56 Allah SWT berfirman yang artinya: “Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bersholawat untuk nabi. Wahai orang-orang yang beriman! Bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam dengan penuh penghormatan kepadanya”. Dari ayat di atas dapat diartikan bahwa di anjurkan bagi umat Islam untuk bersholawat kepada nabi sebagai makna penghormatan kepadanya.


 

Sebagai bentuk rasa syukur dan kebahagiaan atas datangnya bulan Rabi’ul awal, Pengurus PAC GP. Ansor Watulimo pada tahun ini (2021) menggelar kegiatan Safari Maulidur Rasul dan Turba Maulid se-wilayah Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek. Pada hari Sabtu, 09 Oktober 2021 bertepatan dengan tanggal 3 Rabi’ul Awal 1443 hijriyah, PAC mengawali safari turbanya yang sekaligus pembukaan kegiatan ditempatkan di rumah sahabat Murdiyanto (Ketua PAC GP. Ansor Watulimo). Kegiatan Safari Maulidur Rasul diisi dengan pembacaan sholawat al-barzanji natsar dan nadhom yang diikuti oleh segenap jajaran pengurus PAC, MDSRA, pengurus Ranting se-Kecamatan Watulimo dan Crew Media Anwalin PAC GP. Ansor Watulimo.



 

Sebelum pembacaan Maulid Al-Barzanji, kegiatan Safari diisi dengan Prakata/Sambutan pengantar dari sahabat Mustarom selaku Ketua Majelis Dzikir dan Sholawat Rijalul Ansor PAC GP. Ansor Watulimo. Sahabat Mustarom menyampaikan beberapa point penting terkait kegiatan MDSRA dan sekaligus membuka turba/safari maulidur rasul yang akan dilaksanakan secara bergilir dan berkeliling sewilayah Kecamatan Watulimo. Setelah itu kegiatan diisi dengan menyanyikan Mars Syubbanul Wathon dan Mars GP. Ansor yang diteruskan dengan pembacaan Maulid al-Barzanji oleh sahabat Samsul Huda (Ketua Pimpinan Ranting Gerakan Pemuda Ansor Desa Watulimo) dan beberapa kader ansor yang lainnya dengan cara silih berganti dalam membaca maulid al-barzanji tersebut. Selanjutnya pada pembacaan doa maulid dipimpin oleh sahabat Masngat; Ketua Pimpinan Ranting Gerakan Pemuda Ansor Desa Slawe yang sekaligus juga wakil ketua MDSRA – PAC GP. Ansor Watulimo.



Selepas pembacaan Maulid al-Barzanji, acara diisi oleh sahabat Murdiyanto selaku Ketua PAC GP. Ansor Watulimo. Kang Myanto (begitu panggilan akrabnya) menyampaikan beberapa agenda kedepan terkait dengan Program Kerja yang akan dilaksanakan oleh PAC GP. Ansor Watulimo Kabupaten Trenggalek. Program tersebut diantaranya pelaksanaan peringatan Hari Santri Nasional, Kemah Bhakti Sumpah Pemuda, Ziarah Auliya/Muassis NU, dan peringatan Hari Pahlawan 10 November 2021. Selain itu juga disinggung terkait rencana pelaksanaan Pelatihan Kepemimpinan Dasar (PKD) dan Diklatsar Banser (dalam pembahasan lebih lanjut).

 

Alhamdulillah secara keseluruhan acara terlaksana dengan lancar, aman, penuh kekhidmatan dan sukses dengan harapan semoga dengan pembukaan Safari Maulidur Rasul yang akan dilaksanakan secara rutin tersebut dapat menambah rasa mahabbah kepada baginda Nabi Muhammad SAW dan juga sebagai momentum meneladani perjuangan Rasulullah yang pada akhirnya kita diakui sebagai ummatnya yang berhak mendapatkan syafa’atnya besuk dihari kiamat. Aamiin (MY)

0 Komentar:

Posting Komentar

Mohon Saran dan Kritik Yang Sifatnya Konstruktif!

SILAHKAN BACA JUGA !


If you want to test someone’s character, give him respect. If he has good character, he will respect you more. If he has bad character, he will think is the best of all.

------------

Jika kamu ingin menguji karakter seseorang, hormati dia. Jika dia memiliki akhlak yang baik, maka dia akan lebih menghormatimu. Jika dia memiliki akhlak yang buruk, dia akan merasa dirinya yang paling baik.