Assalamu'alaikum Wr. Wb. ----- SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PIMPINAN ANAK CABANG GERAKAN PEMUDA ANSOR WATULIMO ----- Semoga Bermanfaat Untuk Kita Semua!

Sabtu, 03 Oktober 2020

NGOLAH PIKIR ; Pentingnya Website Resmi bagi Organisasi GP. Ansor

Posted by ADMIN On Sabtu, Oktober 03, 2020 4 comments

Perkembangan teknologi menuntut sebuah organisasi turut andil dalam penyebaran informasi. Besar atau kecilnya organisasi yang dimiliki, selain aktif dalam media sosial ada baiknya organisasi juga memiliki website resminya/
official website sendiri.
 
Sekarang ini banyak organisasi kemasyarakatan, social politik maupun nirlaba yang percaya bahwa memiliki akun di Facebook cukup atau sama saja memiliki sebuah situs resmi. Padahal keduanya sangatlah berbeda. Mengapa sebuah organisasi memerlukan situs resmi dalam pengelolaan organisasi?
 
Berikut beberapa alasan mengapa sebuah organisasi harus mulai berinovasi dengan membuat website resmi.
 
1. Website resmi membantu legitimasi organisasi.
Sebuah website membantu para donator, mitra, bahkan relawan untuk mencari informasi lebih lanjut mengenai misi organisasi dalam satu tempat. Keberadaan website yang aktif sangat membantu melegitimasi peran organisasi serta keberadannya dinilai memberikan kredibilitas dengan peningkatan reputasi dan kepercayaan publik.
 
2. Website resmi membantu dalam branding dan profesionalisme organisasi
Adanya website resmi juga berfungsi sebagai branding organisasi karena semua yang dipublikasikan jelas. Sebuah organisasi yang memiliki website resmi sudah pasti akan mendapatkan perhatian lebih. Keberadaan website resmi menunjukkan profesionalisme organisasi dalam menggarap berbagai program dan kegiatannya kepada publik.
 
3. Website resmi meningkatkan kesadaran publik
Secara tidak langsung, keberadaan website resmi tentu saja dapat meningkatkan kesadaran publik. Dengan mempublikasikan program, dokumentasi acara, dan ajakan untuk mengikuti kegiatan hingga informasi penting lainnya tanpa disadari juga dapat meningkatkan keterlibatan publik dalam mendukung kegiatan organisasi.
 
4. Website sebagai sarana memperkenalkan program/layanan
Suatu organisasi dapat menggunakan website untuk memperkenalkan kegiatan organisasi. Dengan banyaknya pengguna internet, tentu saja organisasi memiliki peluang untuk mendapatkan calon donor, mitra, bahkan relawan untuk mendukung kegiatan.
 
5. Website sebagai sarana komunikasi.
Fitur yang beragam dalam sebuah website dapat memudahkan terjalinnya komunikasi antara pengelola/staf organisasi dengan publik. Website modern telah dilengkapi dengan berbagai fitur seperti live chat, voice note, kotak saran, hingga kontak untuk memastikan terjalinnya komunikasi dengan baik.
 
6. Website sebagai sarana publikasi resmi organisasi.
Dengan menggunakan website, organisasi dapat memanfaatkan sebagai sarana publikasi resmi. Misalnya menampilkan kegiatan yang sedang berjalan, laporan bulanan, hingga agenda kegiatan selama satu tahun masa kerja. Hal ini menunjukkan organisasi bersifat transpaan dan akuntabel dalam pelaksanaan program kerja organisasi.
 
7. Membangun jaringan/partner
Keberadaan website resmi juga mendukung terjalinnya jejaring kerja sama baru baik antar organisasi maupun pihak terkait bahkan donor. Pengoptimalisasian website menunjukkan eksistensi organisasi dalam melakukan berbagai kegiatan. Hal ini sangat membantu apabila ada organisasi lain yang ingin bekerja sama, misalnya melalui kegiatan CSR atau kolaborasi program.


Berorientasi dari pemikiran tersebut di atas, PAC GP. Ansor Watulimo mengadakan peluncuran (launching) secara resmi Akun Media Sosial Organisasi dengan Tema : NGOLAH PIKIR (Ngobrolin Maslahah Perlu Inspirasi, Kreatifitas, Inovasi dan Refreshing). Acara tersebut digelar secara sederhana dan bertempat dirumah sahabat Murdiyanto (Ketua PAC), pada tanggal 3 Oktober 2020 Pukul 20.00 WIB yang dihadiri oleh Tim Redaksi Anwalin (Ansor Watulimo Online), segenap creator dan kontributor dan para support web program lainnya.
 
Dalam acara launching, dijelaskan beberapa hal yang harus dikerjakan oleh Tim Anwalin beserta tupoksi dari masing-masing crew/personal. Semua anggota tim harus berupaya semaksimal mungkin, bagaimana pengelolaan Media Sosial tersebut bisa selalu Update dan On Time. Selain itu juga perlu adanya konten-konten yang relevan yang disuguhkan di media sosial organisasi tersebut.

Logo Anwalin; Creator By : Sulton Ali
 
Terkait dengan Media Anwalin, PAC GP. Ansor Watulimo menyuguhkan kehadapan publik beberapa Medsos yang nantinya dijadikan jendela informasi dan komunikasi oleh pada Kader dan pemangku kepentingan yang berkaitan dengan Gerakan Pemuda Ansor Anak Cabang Watulimo. Medsos tersebut antara lain :
 
 
Dari Launchingnya Media Sosial ini, diharapkan PAC GP. Ansor Watulimo kedepannya semakin maju, professional, manfaat dan membawa keberkahan untuk semuanya. Semoga Allah SWT senantiasa melimpahkan rahmat, nikmat, taufiq dan hidayahNya kepada kita dalam berbuat, berkreasi, berinovasi dan berbagi untuk kebaikan dan kemaslahatan. Aamiin. (MY)


----------------
Keterangan :
Penanggungjawab : Ketua PAC GP. Ansor Watulimo
Desain Web : Murdiyanto
Pimred : David Hariyanto
Creator : Sulton Ali
Kontributor : Muh. Choirur Rokhim, Ibnu Tri Mashudi, Mustarom
Dokumentasi : Agus Salim, Agus Rianto, Muh. Rifa'i
Humas : Imam Mukhlisin, Sujito, Sigit Murtejo
Supported by : Agus Muhaimin, Endri Supriyo, Sukaji, Much. Muhyidin 
 


Tags Resmi Anwalin :
#anwalinnews
#ansor #banser
#pacgpansorwatulimo
#satkoryonbanserwatulimo
#nkrihargamati
#pancasilajaya
#aswajaakidahkita
#crewanwalin

4 Komentar:

Selamat dan Sukses Atas LAUNCHINGnya Website dan Media Sosial / Online PAC GP Ansor Watulimo. Semoga semakin Maju, Jaya dan Berkah! Aamiin

Selamat dan sukses terus. Lanjutkan untuk mengolah dan polah pikir untuk kebaikan bersama. Semoga website ini terus berjaya dan konsisten. Amin...

Terima Kasih Sahabat, mohon saran dan kritik yang sifatnya konstruktif. Salam

Terima Kasih Sahabat, mohon saran dan kritik yang sifatnya konstruktif. Salam

Posting Komentar

Mohon Saran dan Kritik Yang Sifatnya Konstruktif!

SILAHKAN BACA JUGA !


If you want to test someone’s character, give him respect. If he has good character, he will respect you more. If he has bad character, he will think is the best of all.

------------

Jika kamu ingin menguji karakter seseorang, hormati dia. Jika dia memiliki akhlak yang baik, maka dia akan lebih menghormatimu. Jika dia memiliki akhlak yang buruk, dia akan merasa dirinya yang paling baik.